Tata Tertib Pelaksanaan Sosialisasi

TATA TERTIB PELAKSANAAN SOSIALISASI
PARA CALON REKTOR DALAM
PEMILIHAN REKTOR UNPAD PERIODE 2014-2019

 

Tahapan Tata Tertib Pelaksanaan Sumber
Sosialisasi Strategi dan Program Kerja oleh para Calon Rektor Unpad kepada sivitas akademika Unpad Sosialisasi Strategi dan Program kerja oleh para Calon Rektor Unpad kepada sivitas akademika Unpad dilakukan dengan menggunakan berbagai media, antara lain:

1.     Media Tatap Muka

Sosialisasi dilakukan secara tatap muka dalam bentuk penyelenggaraan pertemuan terbatas/diskusi di ruang tertutup yang berlangsung dalam lingkungan kampus Unpad. Untuk kepentingan sosialisasi ini, fakultas mengundang dan memfasilitasi sosialisasi 7 (tujuh) orang calon Rektor sesuai dengan periode sosialisasi. Para calon rektor akan memaparkan program dan strategi pencapaian Unpad 2015-2019.

Periode Sosialiasi: 5–26 Januari 2015

·       Pertemuan sosialisasi di fakultas dapat dihadiri oleh seluruh sivitas akademika (dosen, terutama anggota senat Universitas dan fakultas, serta mahasiswa), tenaga kependidikan, maupun alumni, dari fakultas yang bersangkutan maupun dari fakultas berbeda.

·       Jumlah peserta pertemuan terbatas tidak melebihi kapasitas ruangan.

·       Pertemuan menggunakan undangan tertulis yang memuat hari, tanggal, waktu, tempat, nama calon Rektor, dan penanggung jawab (Dekan).

·       Pemberitahuan secara tertulis yang memuat hari, tanggal, waktu, tempat, nama pembicara, materi, dan penanggungjawab serta jumlah yang diundang disampaikan kepada Panitia Pemilihan Rektor dan Pengelola Lokasi Sosialisasi.

·       Panitia pemilihan rektor menghadiri pada setiap pelaksanaan sosialisasi.

·       Pelaksana sosialisasi dapat membawa atau menggunakan alat peraga sosialisasi.

·       Alat peraga atribut peserta sosialisasi dipasang di halaman gedung atau tempat pertemuan terbatas fakultas.

·Materi sosialisasi pada pertemuan terbatas/tertutup meliputi:

·       Profil Calon Rektor

·       Strategi dan Program Kerja unggulan Calon Rektor

·       Dalam acara sosialisasi, dilakukan:

·       Dialog dengan peserta sosialisasi

·       Penyampaian materi sosialisasi tidak boleh bersifat SARA dan bukan black campaign.

Sosialisasi di fakultas dilaksanakan dalam waktu maksimal 3 (tiga) jam untuk seluruh rangkaian acara.

 

2.     Media Internet

Sosialisasi dilakukan melalui situs internet yang disediakan oleh Panitia Pemilihan Rektor sebagai media bagi Calon Rektor mempersuasi dan meyakinkan pemilih akan Strategi dan Program Kerjanya. Situs yang dimaksud adalah http://pilrek.unpad.ac.id

Sosialisasi melalui media internet juga memberi kesempatan kepada Calon Rektor untuk memperkenalkan diri Strategi dan Program Kerjanya ke seluruh sivitas akademika. Walaupun pemilihan Rektor dilakukan oleh Senat Universitas, tetapi sosialisasi melalui media dapat memberikan kesempatan pada sivitas akademika untuk berinteraksi dengan para Calon Rektor, termasuk menyalurkan aspirasinya.

Melalui interaksi yang terbuka antara para Calon Rektor dan para pemilihnya maupun seluruh sivitas akademika Unpad, diharapkan dapat meningkatkan pengakuan sivitas akademika terhadap hasil pemilihan rektor serta meningkatkan efisiensi biaya sosialisasi para calon.

Sosialisasi melalui media internet terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu:

a.     Profil Calon Rektor dan sosialisasi satu arah

Halaman Personal Calon Rektor (Profil Calon Rektor) di situs Pilrek. Semua Calon Rektor akan diberikan satu halaman di mana mereka dapat memperkenalkan diri, Strategi dan Program Kerjanya kepada pemilih dan masyarakat.

Periode pelaksanaan: 5–26 Januari 2015

Pelaksana:

Calon Rektor: Membuat materi sosialisasi untuk halaman profil dan sosialisasi bebas

Publik : Menyimak sosialisasi

Media : http://pilrek.unpad.ac.id

Calon Rektor sangat perlu segera melengkapi profil untuk sosialisasi ini. Kurang lengkapnya halaman personal Calon Rektor  dapat dipersepsikan sebagai ketidaksiapan Calon Rektor ataupun sebagai kurang terbukanya Calon Rektor terhadap tanggapan masyarakat akan Strategi dan Program Kerjanya.

Panitia tidak memoderasi apa yang ditulis/ditanggapi oleh Calon Rektor.

 

b.     Diskusi dan Komentar (bagian dari Sosialisasi Interaktif)

Sivitas akademika dan masyarakat luas diharapkan memberikan komentar maupun pertanyaan kepada Calon Rektor.

Periode pelaksanaan: 5–26 Januari 2015

Pelaksana:

Calon Rektor: Aktif menanggapi pertanyaan dan tanggapan. Calon Rektor wajib menjawab pertanyaan dari Panitia (lihat bagian sosialisasi bertema). Walaupun Calon Rektor tidak diwajibkan untuk menanggapi setiap pertanyaan/tanggapan dari masyarakat, Calon Rektor sangat diharapkan untuk memberikan tanggapan terhadap sebagian besar komentar masyarakat.

Panitia: Memonitor dan memoderasi aktivitas sosialisasi, memberikan wacana untuk dijawab oleh Calon Rektor, menganalisis aspirasi warga Unpad untuk dijadikan sebagai wacana sosialisasi. Memoderasi pertanyaan dan  tanggapan dari masyarakat.

Publik: Aktif memberikan pertanyaan dan tanggapan melalui situs dan social media. Media:

·       http://pilrek.unpad.ac.id

·       twitter pilrek unpad

·       e-mail pilrek unpad

Komentar dapat diberikan melalui media-media di atas.

Semua komentar akan dimoderasi oleh panitia.

Aturan moderasi:

·       Bahasa yang sopan dan santun.

·       Tidak mengandung unsur SARA.

·       Komentar tidak bersifat memanas-manasi, tidak keluar dari topik pembicaraan, dan tidak memasang post yang tidak berguna kampanye hitam (black campaign).

Panitia memiliki hak untuk mencabut publikasi suatu komentar, jika dirasa tidak pantas

Moderasi terhadap komentar/pertanyaan masyarakat akan diberikan antara jam 8.00-22.00 WIB.

Tidak ada moderasi pada tanggapan dari Calon Rektor terhadap komentar ataupun pertanyaan yang diajukan masyarakat.

Komentar juga dapat diberikan melalui email khusus untuk Pilrek Unpad, dengan catatan:

·       Komentar/pertanyaan dapat diarahkan ke semua Calon Rektor, atau ke Calon Rektor tertentu.

·       Setiap pemberi komentar wajib menuliskan nama lengkap, institusi, dan pilihan apakah identitasnya ingin ditayangkan di situs atau tidak.

Setelah dimoderasi, komentar/ pertanyaan akan ditayangkan di situs di halaman  “komentar melalui email”.

Semua pertanyaan dan tanggapan akan didokumentasi oleh panitia dan dibuat resumenya.

Komentar juga dapat diberikan melalui Twitter khusus Pilrek Unpad. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tulisan: @pilrekunpad.

Jika bertanya ke semua Calon Rektor, gunakan: #tanyaCALONREKTOR.

Jika bertanya ke Calon Rektor tertentu, gunakan: #tanyaCALONREKTOR(no_urut).

Jika menanggapi semua Calon Rektor, gunakan: #tanggapCALONREKTOR

Jika menanggapi Calon Rektor tertentu, gunakan: #tanggapCALONREKTOR(no_urut).

Pertanyaan yang diajukan akan diindeks oleh panitia melalui akun @pilrekunpad.

Resume dari pertanyaan yang diajukan akan ditayangkan di situs dan laporan akhir pelaksanaan sosialisasi.

 

c.     Penjaringan Aspirasi

Masyarakat, khususnya sivitas akademika, tenaga kependidikan, dan alumni, dapat menyalurkan aspirasi mereka ke panitia pemilihan rektor melalui media yang telah disediakan (yaitu situs, Twitter, dan e-mail). Aspirasi yang diungkapkan lewat situs akan dapat dibaca oleh setiap orang (di halaman “aspirasi”). Panitia akan membuat resume dari aspirasi yang diungkapkan lewat Twitter dan e-mail, kemudian melayangkan aspirasi tersebut ke situs pemilihan rektor.

 

3.     Pemasangan Atribut Sosialisasi

·       Periode: 5–26 Januari 2015

·       Setiap calon rektor dapat membuat dan memasang atribut sosialisasi di dalam lingkungan Kampus Unpad Dipati Ukur dan Kampus Jatinangor.

·       Atribut sosialisasi dapat berbentuk baligo, pamflet, dan spanduk, yang memuat foto profil Calon Rektor, tagline, motto, Strategi dan Program Kerja.

·       Pemasangan atribut sosialisasi harus memperoleh izin dan dipasang di lokasi sesuai dengan ketentuan dari Biro SDM, Hukum dan Tata Kelola Unpad.

·       Pemasangan atribut mengacu pada prinsip-prinsip: ramah lingkungan, estetika, dan tidak mengganggu ketertiban, keamanan, dan kenyamanan kegiatan kampus.

·       Pesan yang termuat dalam atribut harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak boleh mengandung unsur SARA dan bukan kampanye hitam (black campaign).

·       Pada tanggal 26 Januari 2015 pukul 17.00, seluruh atribut sosialisasi harus sudah dicabut atau dibersihkan dari lokasi pemasangan di dalam wilayah kampus Unpad oleh Biro SDM, Hukum dan Tata Kelola dan UPT Pengelola Lingkungan.

 

4.     Debat Calon Rektor

·       Debat merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan profil, Strategi dan Program Kerja Calon Rektor kepada pemilih dan sivitas akademika, tenaga kependidikan, dan alumni Unpad. Dengan adanya debat, posisi kebijakan Calon Rektor akan dapat dielaborasi lebih dalam dan luas atas tema yang diwacanakan.

 

·       Debat diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Rektor sebanyak 2 (dua) kali pada periode sosialisasi: Debat 1 pada hari Kamis, 15 Januari 2015 pukul 10.00 di Kampus Unpad Jatinangor; dan Debat 2 pada hari Kamis, 22 Januari 2015 pukul 10.00 di Kampus Unpad Dipati Ukur.

·       Tugas Panitia Pemilihan Rektor dalam debat:

a.     Panitia mengundang para Calon Rektor.

b.     Panitia memfasilitasi tempat acara debat Calon Rektor, termasuk tamu undangan.

c.     Panitia membuat format dan materi acara debat Calon Rektor.

d.     Panitia menyeleksi dan menentukan moderator yang akan bertugas memandu kedua acara debat, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip netralitas dan kemampuan komunikasi moderator.

e.     Panitia menentukan tema debat dengan mengacu pada jati diri Unpad dan Rencana Strategis Jangka Panjang Unpad, isu-isu aktual, serta tidak terlepas dari konteks global dan nasional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

·       Tata Laksana Debat:

a.     Model debat dilakukan dengan format Calon dan Moderator.

b.     Pelaksanaan debat dilakukan selama 120 menit.

c.     Debat digelar dalam ruangan tertutup.

d.     Setiap debat menghadirkan: tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa, alumni.

e.     Para audiens dilarang membawa atribut sosialisasi Calon Rektor, dilarang meneriakan yel-yel/slogan, dan dilarang melakukan intimidasi dalam bentuk ucapan maupun tindakan selama debat berlangsung.

·       Panitia Pemilihan Rektor memberi kesempatan kepada televisi nasional, televisi lokal, dan/atau televisi berjaringan internet untuk melakukan siaran langsung atau relay atau tunda dalam rangka penyebarluasan informasi Pemilihan Rektor Unpad 2014.

 

Lampiran Peraturan Senat Unpad No. 54 Tahun 2014 tentang Pemilihan Rektor Unpad Periode 2015-2019

 

Jatinangor, 29 Desember 2014
Panitia Pemilihan Rektor Unpad
Periode 2014-2019
Ketua,

ttd.
Prof. Dr. Ir. Soeparna, M.S.