Jawaban Prof. Ellin #tanyacalonrektor Bag. 2

Q. Muhammad Ridwan: “Saya adalah mahasiswa. Menurut Bapak/Ibu, Rektor yang dekat dengan mahasiswa itu adalah yang seperti apa?” https://twitter.com/MuhRidwanD/status/556285116469612546

A. Rektor yang dekat dengan mahasiswa adalah yang mengenal dan memahami permasalahan akademik yang dihadapi oleh mahasiswa. Rektor sebagai pimpinan tertinggi di Universitas bertugas sebagai koordinator yang mengelola universitas dengan dibantu oleh para wakil Rektor, dekan dan wakil dekan, sehingga apabila ada hal yang perlu dibicarakan dapat dikomunikasikan dengan para wakil rector tingkat fakultas maupun tingkat universitas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dekat artinya terjalin komunikasi dengan baik. Komunikasi tidak selalu dua arah, tetapi berbagai bentuk kebijakan rector telah disampaikan melalui web, banner dan pengumuman merupakan bentuk dari komunikasi untuk dibaca dan dipahami oleh semua mahasiswa.

Q. Muhammad Faizal D: “Bagaimana langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi baik di tingkat dekanat maupun di tingkat rektorat?” https://twitter.com/faizaldwi/status/556433970313695232

A. Peningkatan kualitas layanan di dekanat dan Universitas akan dilakukan melalui:

  1. Training budaya kerja unggul
  2. Pelayanan prima
  3. Menerapkan sapa, salam dan senyum selama melaksanakan pelayanan terhadap mahasiswa

Apabila ada pelayanan yang kurang baik saudara dapat menyampaikan dengan mengisi kuesioner evaluasi sehingga akan menjadi masukan bagi pengelola dan melakukan upaya perbaikan.

Q. Naufan Rizqullah:
1. “Apakah penting menurut Bapak/Ibu untuk mensosialisasikan setiap kebijakan kampus ke depan kepada mahasiswa?” https://twitter.com/naufanelreal/status/556760880075923456
2. “Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu sekalian tentang posisi MWA unsur mahasiswa?” https://twitter.com/naufanelreal/status/556761276651540480
3. “Apakah Bapak Ibu sekalian siap untuk tidak ‘berjarak’ dengan mahasiswa? minimal mengadakan forum rutin dengan mahasiswa” https://twitter.com/naufanelreal/status/556761884817235968

A.1. Sosialisasi kebijakan penting dan sudah dilakukan di web, melalui banner atau papan Mahasiswa harus aktif membuka web Unpad, membaca banner atau pengumuman. Apabila ada hal yang kurang dimengerti dapat bertanya kepada bidang yang khusus menangani permasalahan mahasiswa di tingkat dekanat maupun Universitas.

2. Posisi perwakilan mahasiswa merupakan kehormatan untuk mahasiswa dan kesempatan baik agar mengetahui setiap kebijakan akademik maupun non akademik pengelolaan Saudara akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga dalam berorganisasi.

3. Seandainya saya menjadi rector, saya siap untuk tidak menciptakan jarak dengan siapapun, dan usulan forum rutin dapat dilakukan 1 kali per semester.

Q. Irvan: “Akankah ada penghargaan berupa konversi nilai matkul terkait bagi mahasiswa yang berhasil masuk Pimnas dalam ajang PKM? Begitu juga dengan PHBD Dikti yang cukup meningkatkan IKK fakultas dan universitas. Universitas besar seperti ITS, IPB dan UB menerapkan hal yang sama dan berhasil juara. Terima kasih.” https://twitter.com/rvn_irvan/status/556768716512169985

A. Untuk mahasiswa yang mewakili fakultas maupun universitas dalam forum kompetisi, kebijakan yang berlaku adalahn dispensasi, ujian susulan dan remedial dalam rangka mengatasi permasalahan nilai.Setelah lulus menjadi sarjana, prestasi yang anda peroleh akan ditulis dalam sertifikat pendamping ijasah.

Q. Mursalin: “Target utama (pencapaian) bapak/ibu calon rektor nanti ketika jadi rektor apa untuk Unpad?”

A. Target utama pencapaian yaitu menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan sesuai KKNI (kerangka kualifikasi nasional Indonesia) dan mempunyai bekal sebagai entrepreneur yang etis , kreatif dan berkualitas serta sadar hukum dan melestarikan lingkungan dengan menjunjung tinggi kearifan lokal.

Q. Febri: “Bagaimana agar menjamin bahwa para tenaga kependidikan dan dosen bekerja tidak hanya sekedar ‘menitipkan perut’? Dengan sistem pembayaran yang ‘dikomuniskan’ = sama rata sama rasa, bagaimana hak dan kewajiban dipenuhi? Karena Unpad menjual jasa pendidikan, apa tips dan trik dalam peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa?

A. Saya akan melakukan pembinaan SDM dosen maupun tenaga kependidikan akan dilakukan melalui:

  1. Training budaya kerjau nggul
  2. Pelayanan prima
  3. Penghasilan akan Berbasis kinerja
  4. Reward dan funishment yang tegas terkait dengan masalah
  5. Menerapkan sapa, salam dan senyum selama melaksanakan pelayanan terhadap mahasiswa