Jawaban Prof. Ellin #tanyacalonpilrek Bag. 1

Q. Andina Rahayu: Sikap apa yang akan dilakukan untuk program D3 Unpad ? apa akan dihapuskan atau dibuka program D4

A. Program D3 akan dipertahankan, bahkan akan ditingkatkan menjadi program D4. Mahasiswa dapat memilih apakah cukup puas sampai program D3 atau ingin terus melanjutkan untuk meningkatkan kemampuan intelektual melalui program D4 yang setara dengan S1 terapan.

Q. Mohamad Noor Rizal: Apa yang belum tercapai di program kerja rector sebelumnya dan apa yang akan anda lakukan jika terpilih?

A. Yang belum tercapai diantaranya :

Jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu, kendalanya beragam yang terpenting harus tetap menjaga kualitas lulusan.

Jumlah Guru Besar (GB) seharusnya minimal 10%, tetapi sekarang hanya 7,4% .jumlah dosen sekitar 1797 orang berarti jumlah GB seharusnya 180 orang, yang ada sekarang 130 orang kekurangan 50 orang, 26 orang orang calon GBsedang diproses di DIKTI berarti kekurangan 24 orang yang akan diperoleh dari dari doctor dengan jabatan Lektor Kepala dimotivasi untuk mempercepat mempersiapkan persyaratan menjadi GB.

Dosen lulusan S3 baru mencapai 34%, untuk World Class University dipersyaratkan minimal jumlah doctor yaitu 40%, artinya Unpad akan mendorong dosen yang sedang menempuh program S3 untuk segera menyelaesaikan sekolahnya. Untuk dosen yang baru selesai S2 harus segera melanjutkan ke program S3.

Belum semua prodi terakreditasi A sehingga prodi yang belum terakreditasi A perlu di evaluasi dan difasilitasi serta dibantu memperbaiki kinerja serta dokumentasi.

Akreditasi internasional baru 1 prodi, artinya prodi yang lain di lingkungan Unpad bersama-sama fakultas dan universitas harus bekerja keras meningkatkan kinerja serta melengkapi semua persyaratan yang diperlukan untuk mencapai akreditasi internasional.

Penelitian, publikasi jurnal terakreditasi nasional maupun internasional serta keikut sertaan dalam seminar nasional maupun inernasional, HAKI dan PKM masih harus ditingkatkan , caranya Universitas menyediakan laboratorium yang lengkap untuk riset, dan memberikan dukungan finansial untuk meningkatkannya dan membantu proses administrasi termasuk menyediakan dana talangan.

Q. Surya Rianto: Menurut para calon, alur birokrasi, transparansi, dan komunikasi Unpad saat ini seperti apa?

A. Alur birokrasi, transparansi dan komunikasi di Unpad pada saat ini sudah mulai kondusif, pelayanan terhadap mahasiswa sudah berjalan baik. Hanya kadang-kadang masih ada pelayanan yang berjalan lambat penyebabnya komitmen dan komunikasi yang kurang lancar. Untuk dosen: semua lembaga yang ada di Unpad sudah melayani dengan baik , pelayanan harus lebih ditingkatkan lagi. Yang harus diperbaiki dari Unpad adalah lambat dalam merespon undangan dari DIKTI maupun instansi lainnya. Sehingga keterlibatan SDM Unpad sangat kecil sekali. Sebaiknya dibentuk Head office untuk mendampingi rector agar cepat merespon berbagai tawaran dari DIKTI maupun instansi lain.

Q. Mang Koko: Menurut Ayah/Bunda Mahasiswa itu konsumen atau pemilik saham atau pemangku kepentingan?

A. Mahasiswa dapat dikatakan sebagai consumer pada saat membutuhkan pelayanan akademik. Sesungguhnya mahasiswa merupakan bagian integral dari civitas akademika sehingga mahasiswa adalah pemangku kepentingan dalam jangka penjang.