Jawaban Prof. Ina #tanyacalonrektor Bag. 2

Q. Muhammad Ridwan: “Saya adalah mahasiswa. Menurut Bapak/Ibu, Rektor yang dekat dengan mahasiswa itu adalah yang seperti apa?” https://twitter.com/MuhRidwanD/status/556285116469612546

A. Rektor yang terus memantau kemajuan mahasiswa, memfasilitasi dan secara rutin bertemu dengan mahasiswa untuk mengetahui penerapan kebijakan terkait dengan program mahasiswa.

Q. Muhammad Faizal D: “Bagaimana langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi baik di tingkat dekanat maupun di tingkat rektorat?” https://twitter.com/faizaldwi/status/556433970313695232

A. Akan saya buat proses bisnis dari setiap pelayanan baik terhadap mahsiswa ataupun dosen untuk mengetahui dimana yang membuat pelayanan terhambat apakah SDM nya atau infrastrukturnya dan segera dibenahi. ini mejadi program kerja utamapada 3 bulan pertama.

Q. Naufan Rizqullah:
1. “Apakah penting menurut Bapak/Ibu untuk mensosialisasikan setiap kebijakan kampus ke depan kepada mahasiswa?” https://twitter.com/naufanelreal/status/556760880075923456
2. “Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu sekalian tentang posisi MWA unsur mahasiswa?” https://twitter.com/naufanelreal/status/556761276651540480
3. “Apakah Bapak Ibu sekalian siap untuk tidak ‘berjarak’ dengan mahasiswa? minimal mengadakan forum rutin dengan mahasiswa” https://twitter.com/naufanelreal/status/556761884817235968

A. 1. Kebijakan yang terkait dengan recana pencapaian visi misi perlu dijelaskan kepada mahasiswa, agar mahasiswa ketika membuat program dikaitkan terhadap visi misi dan itu semua harus difasilitasi. Mahasiswa akan diajak untuk membuat program setiap awal tahun dan program yang dikerjakan pada tahun berjalan harus berdasarakn rencana yang telah dibuat di awal tahun anggaran.

2. Bisa ada perwakilan dari unsur mahasiswa.

3. Siap, sudah saya sampaikan pada butir sebelumnya.

Q. Irvan: “Akankah ada penghargaan berupa konversi nilai matkul terkait bagi mahasiswa yang berhasil masuk Pimnas dalam ajang PKM? Begitu juga dengan PHBD Dikti yang cukup meningkatkan IKK fakultas dan universitas. Universitas besar seperti ITS, IPB dan UB menerapkan hal yang sama dan berhasil juara. Terima kasih.” https://twitter.com/rvn_irvan/status/556768716512169985

A. Bisa dipertimbangkan untuk mendorong mahasiswa membuat kegiatan-kegiatan yang produktif dan membawa nama Unpad.

Q. Mursalin: “Target utama (pencapaian) bapak/ibu calon rektor nanti ketika jadi rektor apa untuk Unpad?”

A. Menciptakan iklim yang kondusif (perhatian atasan, kesejahteraan, insentif) dalam bekerja untuk pencapaian Visi misi.

Q. Febri: “Bagaimana agar menjamin bahwa para tenaga kependidikan dan dosen bekerja tidak hanya sekedar ‘menitipkan perut’? Dengan sistem pembayaran yang ‘dikomuniskan’ = sama rata sama rasa, bagaimana hak dan kewajiban dipenuhi? Karena Unpad menjual jasa pendidikan, apa tips dan trik dalam peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa?

A. Bahasanya koq tidak enak ya “menitipkan perut” dan sistem pembayaran yang “dikomuniskan”. Mungkin perlu diketahui juga berapa gaji dosen atau tendik dengan harga-harga yang terus meningkat serta perubahan-perubahan kebijakan yang bukannya menambah kesejahteraan tetapi mengurangi kesejahteraan. Kalau dosen dan tendik  sudah sejahtera tentunya mereka akan melayani dengan sebaik2nya karena tidak perlu lagi mencarai tambahan-tambahan. Permasalahan itu yang akan jadi prioritas utama saya, yaitu kesejahteraan agar pelayanan dapat excellent.